8 Makanan Ini Bikin Rambut Sehat

8 Makanan Ini Bikin Rambut Sehat

Bagi sebagian besar perempuan tentunya meyakini bahwa rambut merupakan salah satu bagian pada tubuh yang harus dijaga. Untuk memiliki kondisi rambut yang selalu sehat dan berkilau perlu banyak usaha yang dilakukan. Misalnya menggunakan vitamin rambut atau menuangkan hair tonic ke akar rambut setelah keramas.

Namun terlalu banyak penggunaan bahan kimia pada rambut juga kurang baik, loh. Akibatnya justru rambut Anda akan mengalami kerontokan, ketombe, bahkan iritasi pada kulit kepala. Bukannya mendapatkan rambut yang sehat, malah menambahkan masalah pada rambut Anda.

Sama halnya seperti kulit, rambut Anda juga bisa mencerminkan bagaimana kondisi kesehatan bagian dalam tubuh Anda. Rambut yang kusam dan rapuh dapat diprediksi bahwa tubuh kekurangan asupan nutrisi dan zat bergizi. 

Untuk mendapatkan rambut yang nampak sehat, kuat dan berkilau tidak saja memerlukan nutrisi dari luar. Anda juga perlu memastikan bahwa asupan gizi dan nutrisi dalam tubuh Anda seimbang dan cukup. Setiap helai rambut terdiri dari sel-sel keratin, maka diperlukan makanan yang memiliki nutrisi untuk mendukung keratin di rambut Anda. Jika nutrisi tersebut tidak terpenuhi, sulit untuk mendapatkan kondisi rambut yang sehat dan berkilau.

Sebelum Anda mengalami rambut rusak, terapkanlah makan makanan yang sehat untuk bisa menjaga kesehatan rambut. Berikut beragam jenis makanan yang bisa menutrisi rambut Anda agar selalu tampak sehat:


1. Alpukat

Buah alpukat kaya akan vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Menambahkan daging buah alpukat ke dalam salad yang Anda konsumsi bisa langsung terasa khasiatnya bagi kesehatan rambut. Karena zat-zat yang ada di dalam buah ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mampu menyeimbangkan tingkat pH pada kulit kepala.  Selain dengan cara memakannya langsung, Anda juga bisa menumbuk buah alpukat kemudian mengoleskannya di seluruh bagian rambut sebagai masker rambut alami. 


2. Bayam

Sayuran favorit tokoh kartun Popeye ini juga ternyata sangat bernutrisi bagi rambut. Kandungan pada sayur bayam yaitu vitamin A, zat besi, beta karoten, asam folat serta vitamin C berkolaborasi menjaga kelembaban rambut agar tidak kasar, bercabang dan rapuh. Memiliki masalah rambut rapuh? Sebaiknya banyak makan sayur bayam untuk memperbaiki kondisi tersebut.

3. Telur

Telur adalah sumber protein dan biotin. Kedua nutrisi ini memiliki peran penting dalam kesehatan dan pertumbuhan rambut. Protein dalam telur sangat diperlukan karena helai rambut sebagian besar terdiri dari asupan protein. Selain itu kehadiran zat biotin juga diperlukan untuk membantu memproduksi protein yang disebut dengan keratin.

4. Ikan berlemak

Kabar baik bagi pecinta ikan atau makanan yang berbahan dasar ikan. Ternyata ikan berlemak seperti salmon dan makarel mengandung omega-3 dan asam lemak yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi jumlah rambut rontok serta membuatnya tampak berkilau dan sehat. Bagi Anda yang menginginkan kondisi rambut yang berkilau seperti model di iklan shampoo, maka tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi makanan sehat ini.

5. Ubi jalar 

Memiliki masalah rambut kusam? Tidak perlu khawatir. Mengonsumsi ubi jalar secara rutin membantu mengembalikan kondisi rambut Anda dari kekusaman. Ubi jalar dikenal memiliki senyawa antioksidan yang disebut dengan beta karoten. Di dalam tubuh, senyawa ini akan diubah menjadi bentuk vitamin A aktif yang membantu melindungi rambut supaya tidak kering dan kusam. Beta karoten juga ditemukan pada jenis umbi-umbian kuning seperti labu kuning dan wortel.

6. Tiram

Sama halnya dengan bayam, tiram bisa mengatasi masalah rambut rapuh dan rontok. Tiram kaya akan mineral seng terbaik yang dapat diandalkan dalam mendukung siklus pertumbuhan rambut. Jika Anda kurang asupan mineral seng dalam tubuh, dapat meningkatkan risiko terjadinya ketidaknormalan siklus pertumbuhan rambut atau dikenal dengan effluvium telogen.

7. Jambu biji

Makanan selanjutnya yang mencukupi nutrisi bagi rambut adalah jambu biji. Tubuh memerlukan vitamin C dalam penyerapan zat besi dan produksi kolagen yang memastikan pertumbuhan rambut berjalan sebagaimana mestinya. Maka dari itu, jambu biji termasuk ke dalam list menu makanan yang tidak boleh Anda lewatkan demi kondisi rambut yang sehat. Tahukah Anda bahwa vitamin C dalam jambu biji ternyata lebih besar jumlahnya, sekitar 3-4 kali dibandingkan dengan vitamin C pada jeruk. 

8. Daging

Bagi Anda yang sedang diet mungkin pantang mengonsumsi daging. Namun faktanya protein dalam daging merah dan unggas sangat dibutuhkan untuk perkembangan rambut sehat. Zat besi yang cukup tinggi pada daging bermanfaat dalam membantu sel darah merah mengantar oksigen ke seluruh tubuh termasuk rambut.

Para ahli menyarankan sebaiknya mengonsumsi daging 50-100 gram per hari. Hal ini menghindari dampak buruk bagi kesehatan yang bisa terjadi akibat lemak jenuh di dalamnya. Untuk lebih sehat, konsumsi daging dengan memvariasikan jenisnya sehingga nutrisi yang didapatkan lebih beragam.

Nah itu dia beberapa makanan yang baik untuk menutrisi rambut Anda. Jangan lupa bahwa ada beberapa makanan yang memberikan nutrisi bagi rambut, selain yang disebutkan di atas. Misalnya kacang-kacangan, yogurt, sereal, kayu manis, dan sebagainya. Anda juga bisa mengkombinasikan makanan tersebut sehingga menjadi menu makanan yang sehat dan kaya akan gizi. Selain itu jangan lupa untuk keramas yang teratur, memperlakukan rambut dengan baik, kurangi stress dan menjalani pola hidup yang sehat. Semoga hal ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan kondisi rambut yang diharapkan.