Ikuti Pola Hidup Ini Untuk Kesehatan Jantungmu!

Ikuti Pola Hidup Ini Untuk Kesehatan Jantungmu!

September lalu tepatnya tanggal 29 seluruh dunia memperingati World Heart Day atau Hari Jantung Sedunia. Berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan jantung dilakukan untuk mengisi hari peringatan tersebut. Misalnya dengan pemeriksaan kesehatan jantung, lomba lari dan gerak jalan sehat. 

Membahas soal kesehatan jantung, tahukah Anda bahwa apapun aktivitas yang kita lakukan setiap harinya, seperti apa yang kita konsumsi hingga kegiatan sehari-hari memiliki dampak yang penting bagi kesehatan, terutama jantung. 

Untuk dapat selalu menjaga kesehatan jantung, ada beberapa kegiatan yang harus Anda terapkan. Simak beberapa pola hidup berikut yang bisa dilakukan untuk kesehatan jantung Anda.


1. Aktif bergerak

Inti dari jantung yang sehat adalah dengan tetap bergerak dan mengurangi berdiam diri seperti duduk atau tidur terus menerus. Idealnya, untuk mendapatkan detak jantung yang sehat dan normal, kita bisa berlatih aerobik selama 30 menit dalam waktu lima hari dalam sepekan. Meski demikian, setiap gerakan akan bagus bagi jantung Anda. Jadi tetaplah aktif bergerak.

2. Berhenti merokok

Tidak hanya merusak paru-paru, merokok juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan jantung Anda. Jika Anda berhenti merokok, potensi terkena penyakit jantung akan menurun. Memutuskan untuk berhenti merokok akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

3.  Membatasi konsumsi daging merah, gula dan lemak jahat

Terdapat banyak alternatif makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengganti makanan yang menyebabkan obesitas, naiknya tekanan darah atau meningkatnya risiko penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol. Anda bisa memperbanyak porsi makan buah-buahan maupun sayur-sayuran ke dalam makanan, untuk menaikkan jumlah serat.

4. Kurangi asupan garam

Hambar rasanya jika makanan tidak dilengkapi dengan garam. Namun konsumsi garam yang berlebihan ternyata tidak baik bagi kesehatan jantung Anda. Perlahan, Anda bisa melatih menyesuaikan makanan yang rendah kandungan sodiumnya, sehingga risiko tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan serangan jantung dapat berkurang.

5. Jaga berat badan

Konsultasikan ke dokter, mengenai berat badan Anda. Orang dengan berat badan yang berlebih, berpotensi lebih besar terkena serangan jantung, gagal jantung dan diabetes. Menu sehat dan memerhatikan porsi makanan serta rutin berolahraga adalah cara terbaik menjaga keseimbangan tubuh Anda, tak hanya jantung.

6. Cek tingkat kolesterol

Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor utama terkena serangan jantung. Periksa tingkat kolesterol Anda mulai sekarang, secara rutin, enam bulan sekali. Hal ini untuk mengetahui apakah Anda berisiko terkena penyakit jantung.

7. Mengukur tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan hal yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan gagal jantung. Orang dengan tekanan darah tinggi tidak sadar bahwa mereka memiliki kondisi tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung salah satunya mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi.

8. Kurangi stress

Salah satu faktor pemicu serangan jantung adalah stres, terutama perempuan. Bagi Anda yang merasa stres akibat pekerjaan dan tugas yang menumpuk, cobalah bermeditasi, yoga atau berdiam diri selama kurang lebih 10 menit setiap hari. 


9. Ketahui tingkat gula darah

Tanpa disadari ternyata peningkatan gula darah yang mengarah pada diabetes juga bisa berpengaruh pada kesehatan jantung. Jika Anda ada pada kondisi di mana kadar gula darah lebih tinggi dari biasanya atau memiliki tanda-tanda diabetes, berpikirlah untuk segera mengubah pola hidup Anda untuk kesehatan jantung Anda.

10. Rutin periksa ke dokter

Pemeriksaan yang rutin bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Sebuah penelitian mengatakan orang yang menghentikan pemeriksaan jantung memiliki risiko terkena serangan jantung lebih besar.

Jadi itulah beberapa pola hidup yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Dengan jantung yang sehat, Anda dapat menikmati hidup dalam jangka waktu yang lebih lama. Kurangi kebiasaan yang berdampak negatif bagi tubuh Anda. Meski awalnya sulit, perlahan-lahan akan terbiasa. Karena hidup sehat jauh lebih bahagia kan?