Manfaat pada tanaman rimpang

Tahukah kamu apa saja jenis-jenis yang termasuk kedalam tanaman rimpang? Dan apa saja manfaat yang dimiliki tanaman rimpang ini? Tanaman rimpang ialah sejenis tanaman yang dimana akar-akarnya menjalar kedalam tanah dan membuahkan subuah bibit baru. Tanaman rimpang biasanya ditemukan diberbagai daerah di Indonesia. Tanaman rimpang ini biasanya digunakan dengan berbagai manfaat atau berbagai olahan, seperti untuk pewarna pada makanan, untuk perasa tambahan yang alami, ataupun untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman rimpang biasanya mempunyai berbagai macam senyawa serta kandungan-kandungan positif yang berfungsi utnuk kesehatan tubuh. Contoh tanaman rimpang yang terkenal, antara lain: jahe, kunyit, temulawak, ginseng, dan masih banyak lagi. Tanaman rimpang ini menghasilkan umbi-umbian yang bisa diolah yang terdapat didalam tanah. Tanaman rimpang ini memiliki bahasa latin, yaitu rhizoma yang artinya ialah batang tumbuhan yang tumbuhnya menjalar ke permukaan tanah dan menghasilkan tunas serta akar baru dari sebuah ruas-ruasnya.

Rhizoma ini memiliki banyak kandungan minyak atsiri serta alkaloid yang sangat berkhasiat untuk dijadikan sebuah pengobatan tradisional. Sebuah rhizoma atau tanaman rimpang ini menjadi membesar dan menjadi penyimpanan cadangan makanan yang biasanya dalam bentu pati dapat dinamakan menjadi sebuah tuber ataupun umbi batang.

Dua macam tanaman rimpang serta manfaatnya.

Kunyit

Jika kamu mendengar kata kunyit, pasti kamu teringat dengan berbagai banyak olahan dari tanaman rimpang yang satu ini. Kunyit pun sudah tidak langka ditemukan, kunyit dapat ditemukan di berbagai pedagang sayur-mayur yang menjual kunyit. Jika di Indonesia biasanya kunyit digunakan sebagai bahan masakan, namun nyatanya kunyit ini juga mempunyai banyak manfaat-manfaat yang sangan ber khasiat bagi tubuh. Kunyit ini mempunyai warna ke orenan serta kulit yang sangat tipis yang dimana sangat dimanfaatkan sebagai pewarna masakan alami oleh para ibu-ibu dirumah. Biasanya, kunyit dibuat untuk bahan pokok dari jamu kunyit.

Manfaat kunyit yang dikandung inipun sangat beragam, ialah:

Dapat mencegah penyakit Alzheimer

Jika seseorang mengidap penyakit alzheimer ini, pasti daya ingatan mereka akan sangat menurun yang menyebabkan kelupaan. Namun, bukan hanya ingatan yang diderita bagi penyakit alzheimer ini, tetapi juga penilaian serta berfikir.

Mencegah kanker

Kurkumin yang dikandung oleh kunyit ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan serta mutasi sel-sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Bukan hanya sebagai antioksidan, zat yang dikandung oleh kunyit juga memiliki kemampuan untuk pertumbuhan kanker, seperti kanker payudara, kanker usus, kanker perut, dan masih banyak lagi.

Menyembuhkan luka

Kunyit mengandung anti-septik dan juga anti-bakteri yang dimana sangat ampuh untuk menyembuhkan luka secara cepat. Kandungan yang dimiliki kunyit sangat ampuh dan sangat baik untuk digunakan sebagai disinfektan luka biasa maupun luka bakar.

Jahe

jahe juga salah satu tanaman rimpang yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Jahe ini biasanya digunakan sebagai salah satu bahan dasar makanan. Jahe memiliki rasa yang agak pedas dan hangat jika diolah menjadi olahan makanan maupun minuman. Jahe biasanya juga populer menjadi bahan pokok sebuah jamu yang sangat disukai berbagai kalangan. Jahe akan menimbulkan rasa hangat jika dibuat menjadi olahan minuman, dan tidak segan-segan membuat tenggorokan kamu akan merasakan sensi pedas dari si jahe yang satu ini. Jahe ini juga dapat kamu temukan di berbagai belahan dunia, karna tanaman rimpang yang satu ini sangat mudah untuk ditanam diperkarangan rumah. Jahe biasa dijual di warung-warung yang menjual sayur-mayur. Jahe juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan bagi tubuh.

Manfaat jahe yang berkhasiat bagi kesehatan, ialah:

Dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh

Salah satu manfaat yang dikandung di dalam darah ialah dapat melancarkan peredaran darah, sehingga tidak ada darah yang menyumbat di tubuh kamu. Jahe memiliki kandungan yang bersifat antikoagulan.

Dapat mencegah perut buncit

Dengan mengkonsumsi olahan jahe murni secara rutin ini dapat mencegah kebuncitan perut kamu loh! Jahe mengandung berbagai nutrisi serta zat-zat positif yang berdampak bisa melancarkan metabolisme serta pencernan yang lancar. Pencernaan tidak lancar dapat menyebabkan perut mu membuncit.

Dapat menurunkan kolesterol

Jika kamu takut akan penyakit ganas yang satu ini, jahe merupakan salah satu alternatif nya loh! Pada sejumlah study yang dilakukan, bahwa mengkonsumsi olahan jahe murni akan menurunkan tingkat kolesterolmu. Kandungan yang dimiliki jahe ini juga memiliki efek antikoagulan yang mampu mencegahnya penggumpalan darah. Yang dimana, dengan menggumpalnya darah akan menjadi salah satu penyakit kolesterol.