Masker Industrial Mengatasi Polusi Udara

Salah satu tagar bertuliskan #SetorFotoPolusi pernah meramaikan media sosial Twitter pada Juni lalu ketika Jakarta mengalami polusi udara terparah sepanjang sejarah. Bahkan, polusi udara tersebut mengalami peningkatan yang cukup drastis dari tahun 2018. Konsentrasi PM 2,5 (partikel halus berukuran lebih kecil dari 2,5 mikrometer) yang sebelumnya menduduki angka 42,42 mikrogram/meter kubik kini mencapai 57,66 mikrogram/meter kubik. Tidak hanya Jakarta, beberapa kota sekitar seperti Bekasi dan Bogor juga mengalami kenaikan level polusi udara.

Kecemasan masyarakat akan tingkat polusi udara yang semakin naik membuat mereka meminta pemerintah untuk segera melakukan aksi nyata. Beberapa kecemasan tersebut disuarakan oleh para penggiat lingkungan di Jakarta. Salah satu alasan akan disegerakannya aksi untuk mengurangi polusi udara yakni karena masyarakat memiliki hak untuk menghirup udara bersih. Tidak hanya itu, masyarakat juga berhak akan lingkungan yang bersih dan aman dari polusi.

Polusi udara merupakan salah satu penyebab dari beberapa penyakit yang mengganggu pernafasan. Tidak hanya penyakit asma, bahkan polusi udara yang sangat parah dapat menyebabkan seseorang mengidap kanker paru-paru, infeksi saluran pernapasan, dan penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK. Polusi udara sendiri tidak hanya disebabkan oleh sbobet88 asap yang dihasilkan oleh kawasan perindustrian, tetapi juga disebabkan oleh hal sepele seperti asap kendaraan bermotor. Dengan masalah seperti ini, maka masyarakat dirasa harus memiliki pemahaman akan betapa berbahayanya udara yang dihirup sehari-hari.

Maka dari itu, untuk menghindari polusi udara dapat melalui satu langkah kecil yang dapat dilakukan setiap hari, yakni dengan rajin menggunakan masker. Akan tetapi, masker untuk anti polusi sendiri sebenarnya bukanlah masker yang dijumpai sehari-hari di pasar swalayan. Walaupun masker seperti itu dapat menghambat masuknya udara ke saluran pernapaan, tetapi untuk mencegah udara yang sudah terpolusi masih kurang ampuh. Lalu, apa saja jenis-jenis masker yang harus dimiliki untuk memerangi polusi?

KN95

Salah satu masker anti polusi yang sangat direkomendasikan adalah masker respirator tipe KN95. Masker tersebut merupakan salah satu masker yang cocok untuk digunakan di udara yang separah kota Jakarta karena masker dapat memfilter partikel-partikel terkecil dalam udara sebanyak 95 persen. Masker KN95 memiliki bentuk bulat berwarna putih dengan bahan masker yang sangat tebal. Hal itu cukup membantu melindungi tubuh dari banyaknya kuman dan kotoran yang memenuhi udara. Untuk penggunaannya sendiri, KN95 hanya dapat digunakan satu kali sepanjang 6 – 8 jam sebelum menggunakan yang baru. Disarankan untuk tidak dicuci ulang karena dapat menyebabkan pori-pori masker melebar dan tidak dapat digunakan lagi.

N99 dan N100

Selanjutnya ada masker yang sama seperti KN95 yaitu masker N99 dan masker N100. Perbedaan antara ketiga masker itu terdapat pada seberapa banyak persentase partikel yang disaring oleh masker. N99 memiliki 99 persentase lebih ampuh dalam memfilter partikel sekecil 0.3 mikron, akan tetapi masker tersebut tidak tahan terhadap lingkungan yang dipenuhi minyak atau lembab. Sementara N100, meskipun sama tidak tahannya akan lingkungan berminyak dan lembab, tetapi memiliki keampuhan untuk memfilter sebanyak 99.97 persen partikel polutan sekecil 0.3 mikron.

Bedanya masker KN95, N99, dan N100 adalah masker KN95 dapat dibeli di beberapa toko swalayan. Sementara untuk masker N99 dan N100 tidak dijual secara komersil dan hanya dapat diperoleh dengan mengontrak orang-orang perindustrian yang memang sehari-harinya menggunakan masker untuk bekerja. Kemudian, masker N99 dan N100 dapat dicuci dan digunakan kembali. Biasanya, kedua masker tersebut dapat digunakan hingga 3 – 6 bulan dengan perawatan yang benar. Meski begitu, filter respirator yang terdapat dalam kedua masker tersebut tidak dapat dicuci dan harus diganti minimal sebulan sekali apabila dalam kesehariannya digunakan sepanjang 8 jam.

Masker Prana Air

Kemudian masker penjernih udara yang dapat digunakan untuk berolahraga. Salah satu merek masker jenis penjernih yang sangat direkomendasikan adalah Prana Air. Masker penjernih udara tersebut dibuat dengan memiliki lima tumpuk filter Hepa dan tiga mode kecepatan kipas yang berfungsi untuk mengatur geraknya udara yang telah disaring melalui masker tersebut agar menjadi lebih segar dan bersih ketika dihirup. Tidak hanya itu, masker ini juga tidak perlu dicuci karena kipas yang terdapat dalam masker menggunakan baterai yang dapat diisi ulang. Ketahanan masker ini juga mencapai 2 – 6 jam.

Masker Respro Ultralight

Meski masker Prana Air dapat digunakan untuk kegiatan berolahraga, tetapi khusus untuk kegiatan bersepeda terdapat beberapa masker khusu yang tidak hanya fahionable tetapi juga nyaman dan aman untuk digunakan. Salah satunya adalah masker Respro Ultralight dengan bahan yang elastis yang memudahkan pemakai untuk bernapas dalam keadaan panas dan lembab. Masker ini memiliki dua bolongan filter yang tidak hanya memudahkan pernapasan, tetapi juga menghindari terjadinya pengembunan di area wajah ketika masker digunakan. Tidak hanya untuk menghadang polusi udara, Respro Ultralight juga mampu menahan bau yang tidak enak untuk masuk ke saluran pernapasan.