Mengenal Gejala Stunting pada Anak

Stunting

Pernahkah Anda mendengar istilah Stunting? Mungkin beberapa orang belum familiar dengan istilah tersebut. Jadi sebenarnya apakah yang dimaksud dengan Stunting? Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam kurun waktu yang cukup lama, dampaknya, seseorang khususnya anak-anak mengalami gangguan pertumbuhan yakni tinggi badan anak menjadi lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Stunting dapat terjadi karena kurangnya asupan gizi pada anak pada anak, sejak masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun. Selain faktor asupan gizi, Stunting juga terjadi akibat lingkungan dengan sanitasi yang buruk. Lingkungan yang tidak bersih membuat anak rentan terkena infeksi. Faktor lainnya adalah pola asuh orang tua yang kurang baik, membuat anak beresiko mengalami Stunting. Bagi Anda para orang tua, perlu mengenali gejala Stunting.

Pertumbuhan yang Lambat

Anda perlu memerhatikan pertumbuhan buah hati Anda sejak lahir hingga berusia 2 tahun. Jika pertumbuhan anak Anda baik dari tinggi badan, pertumbuhan gigi serta pertumbuhan tulang melambat, Anda perlu mengecek apakah anak Anda berpotensi mengalami Stunting atau tidak. Namun, tidak semua anak yang kurang tinggi mengalami Stunting. Kemungkinan Stunting terjadi apabila tinggi badan anak Anda lebih rendah dari anak pada standar usianya.

Masalah pada Berat Badan

Anak yang mengalami Stunting dapat dilihat apabila memiliki masalah pada keseimbangan proporsi tubuhnya. Berat badannya rendah, namun memiliki pipi yang chubby. Jika proporsi tubuh anak Anda demikian, Anda perlu mewaspadai dan segera mengecek kesehatan anak Anda.

Sistem Kekebalan Tubuh Rendah

Sebagai orang tua, Anda perlu mengenali apakah anak Anda rentan terhadap penyakit, khususnya penyakit infeksi. Anak dengan Stunting memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah sehingga sering mengalami sakit. Anak dengan Stunting lebih lama sembuh jika sedang sakit. Hal ini akan berdampak jangka panjang terhadap kesehatan anak Anda.

Stunting merupakan masalah kesehatan yang cukup serius bagi kualitas manusia khususnya di Indonesia. Hal ini dikarenakan Stunting tidak hanya mengganggu pertumbuhan anak secara fisik, namun juga mengganggu kemampuan, produktivitas serta kreativitas anak selama masa tumbuh dan berkembang. Orang tua perlu mendeteksi sejak awal gejala Stunting pada anak.